• Posted by : Leonita Anggraeni Jumat, 12 Mei 2017

    Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memberikan warna pada objek, ada beberapa cara yang bisa kalian pakai untuk mewarnai objek salah satunya dengan cara unwrap lalu masukkan background atau bisa juga memberikan warna dibantu dengan menggunakan adobe photoshop, adobe photoshop yang dipakai bebas CS berapa saja bisa. Lalu bagaimana caranya? Mari disimak yuk..
    Disini saya ambil contoh objek yang akan saya beri warna yaitu objek bawang


    Shading/UV’s di sebelah kiri – ubah jadi unwrap – select edge(garis) bagian tengah mengelilingi objek – Shading/UV’s lagi – lalu pilih mark seam – setelah itu select seluruh bidang(face)


    Tampilkan object pada UV image editor - beginilah tampilan object yang sudah di unwrap pada UV image editor

    Karena disini saya sudah memiliki background(seperti di gambar), maka saya hanya cukup memasukkan gambar tersebut untuk di jadikan warna kulit si objek


    Pilih image – open image – cari file background yang sudah disimpan – open image


    Setelah itu kembalikan tampilan menjadi 3D view lagi seperti semula – ubah viewport shading – texture – ubah mode – object mode, Jika warna terlihat agak gelap, tambahkan lamp

    Next..

    Nah sekarang saya akan beri contoh lagi menggunakan objek yang lain dan dengan cara pewarnaan yang berbeda pula, disini saya akan mewarnai objek yaitu sebuah tomat


    Langkah awal saya rasa kalian sudah mengerti karna sama seperti sebelumnya yaitu di unwrap, mark seam dan lalu di tampilkan di UV editor. Karena disini saya menggunakan 2 object maka saya mengunwrap bagian atasnya terlebih dulu.


    Langkah berikutnya cukup berbeda, kalian harus klik UVs lalu disana terdapat export UV layout – (beri nama)leaf.png – Export UV layout


    Buka Adobe Photoshop(saya pakai CS4) – open – cari nama file yang tadi disimpan – ok


    Layer – new – layer from background - ok


    Lalu save as dengan format penyimpanan (nama file).jpg
    Setelah itu buka blender lagi – image – open image – pilih file .jpg tadi – ubah tampilan menjadi 3D view


    Untuk pewarnaan buah langkah-langkahnya sama seperti memberikan warna pada daunnya seperti yang sudah saya jelaskan tadi.
    Sekian, sedikit pengetahuan yang bisa saya bagi ke kalian semoga bermanfaat..


    { 1 komentar... read them below or add one }

  • Copyright © - Leonita Anggraeni

    Leonita Anggraeni - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan