• Posted by : Leonita Anggraeni Minggu, 16 April 2017

    Apa sih yang kalian bayangkan jika pertama kali mendengar kata-kata “Blender”? 

    Yup, Sebagian besar orang pasti langsung membayangkan blender yang ada di dapur-dapur rumah, atau membayangkan jus segar yang dihaluskan dengan menggunakan blender. Akan tetapi Blender yang akan kita bahas kali ini berbeda dari blender-blender yang ada, blender ini bisa membuat animasi 3D, kok bisa? Gimana caranya? Yuk kenalan sama blender yang satu ini!
    Blender adalah sebuah software grafik komputer 3D yang gratis dan OSS (Open Source System) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System). Blender digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).
    Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk  3D modeling, UV unwrapping, texturing, raster graphics editing, rigging, skinning, fluid, smoke simulation, particle simulation, soft body simulation, sculpting, animating, match moving, camera tracking, rendering, video editing dan compositing.
    Jika kalian bertanya-tanya siapa sih yang membuat perangkat lunak ini? atau dari tahun berapa sih perangkat lunak ini ada? Tenang, semua jawaban ada disini. Siap? Oke, next.. Dimulai pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo.
    NeoGeo adalah perusahaan yang berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.
    Pada tahun 1995 muncul sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis-artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita-cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.
    Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
    Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah terus mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat-syarat GNU General Public License. 
    Kalian sudah mulai tertarik dengan blender? Hal-hal berikut ini pasti akan membuat kalian semakin tertarik untuk mempelajari blender, check it out!

    Spek yang dibutuhkan untuk proses instalasi software Blender ini sangat sederhana antara lain:
    • Intel Pentium III atau lebih
    • Ram 64mb
    • VGA 4mb
    • Windows 2000 atau lebih dan Linux

    Blender juga tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
    • Microsoft Windows
    • Mac OS X
    • Linux
    • IRIX
    • Solaris
    • NetBSD
    • FreeBSD
    • OpenBSD
    Fitur-fitur blender juga oke banget, liat aja deh:
    ·   Model: Obyek tipe 3D, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
    ·       Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
    ·  Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, Karakter animasi; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
    ·     Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, gerak, non-square pixel, lapisan Render; kabut, motion-blur, dan pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
    ·   UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit UV
    ·   Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
    ·   Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh animasi terlihat halus/lembut.
    ·     Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; sequencer realtime; Bentuk gelombang dan U / V menyebar
    ·    Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
    ·    Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Operasi lainnya
    ·       Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisien
    ·       Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendah

    Masih kurang yakin kalau software blender itu keren? Nih deh baca lagi, blender punya banyak kelebihan dibandingkan dengan software lainnya yang sejenis. Berikut kelebihannya :
    ·       Open Source
    Blender itu salah satu software yang open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya sesuka hati untuk keperluan pribadi maupun komersial, asalkan tidak melanggar GNU General Public License yang digunakan Blender aja ya.
    ·       Multi Platform
    Karena sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
    ·       Update
    Dengan status yang Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada updateannya. Updatean tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di graphicall.org, keren kan?
    ·       Free
    GRATIS! Kalian pasti suka kan sama yang gratisan terlebih yang gratis itu sebuah software yang cukup keren kayak software blender ini. Eits, Tapi kalian jangan salah, software blender gratis bukan karena tidak laku, melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang, selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalam mengembangkannya untuk menjadi lebih baik.
    Gratisnya Blender mendunia bukan seperti 3DMAX atau lainnya yang cuma bisa di dapat gratis dengan cara ilegal. Jadi kalian-kalian semua tidak perlu khawatir harus mengeluarkan uang hanya untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL. Yey!
    ·       Lengkap
    Blender memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya. Coba cari software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah include atau di bundling seperti Blender.
    ·       Ringan
    Blender relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih lambat.
    ·       Komunitas Terbuka
    Sampai sini kalian mulai tertarik ingin mempelajari Blender? Gabung aja langsung ke komunitas Blender, tidak perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia. Dari yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima masukkan dari siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender Institute. Gimana? Tertarik bergabung ke komunitas Blender?

    Ya sekian review software Blendernya, software Blender keren kan? Software grafik komputer 3D  yang segala macamnya serba gratis. Kalau menurut pendapat kalian bagaimana?

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Leonita Anggraeni

    Leonita Anggraeni - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan