• Posted by : Leonita Anggraeni Senin, 26 Oktober 2015

    TUGAS I
    TEORI ORGANISASI UMUM
    “Arti Pentingnya Organisasi dan Metode”
    Dosen: Sri NawangsariGambar


    Oleh:
    Leonita Anggraeni
    16114036
    Kelas: 2KA21

    Sistem Informasi
    Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi
    Universitas Gunadarma
    Oktober 2015





    KATA PENGANTAR
     Puji Tuhan saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga saya dapat menyusun makalah Teori Organisasi Umum ini dengan tepat waktu.
    Berikut saya ucapkan terima kasih kepada Dosen mata kuliah “Teori Organisasi Umum”  kami Ibu Sri Nawangsari yang telah membimbing saya dalam mata kuliah yang bersangkutan.
    Dalam tugas ini saya dapat menyelesaikan makalah dengan judul “Arti Pentingnya Organisasi dan Metode”. Tugas ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Teori Organisasi Umum. Semoga karya tulis yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi saya dan semua pihak pembaca.
    Demikian kata pengantar ini saya buat. Bila ada kesalahan kata dalam pembuatan makalah maupun pada kata pengantar ini saya mohon maaf, Oleh karena itu saya selaku penyusun menerima kritik dan saran yang membangun agar dapat dibuatnya makalah yang lebih baik kelak. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca dan dapat menambah cakrawala pengetahuan kita. Sekian dan terimakasih.



                                                                                                             Jakarta, 26 Oktober 2015


                                                                                  Leonita Anggraeni
                                                                                  16114036



    \    Pengertian Organisasi
    Ada beberapa pengertian Organisasi, Diantaranya sebagai berikut:
    A. Organisasi dalam arti statis
    Organisasi dalam arti statis berarti melihat organisasi sebagai sesuatu yang tidak bergerak/diam. Bisa juga diartikan menjadi, organisasi sebagai wadah tempat dimana kegiatan kerjasama dijalankan.
    Ada berbagai macam pandangan tentang organisasi dalam arti statis, yaitu antara lain:
    ·         Organisasi dipandang sebagai wadah atau alat (tool) yang berarti, Organisasi sebagai alat pencapaian tujuan yang ditetapkan sebelumnya.
    ·         Organisasi merupakan wadah dari sekelompok orang yang mengadakan kerja sama untuk mencapa tujuan bersama.
    ·         Organisasi sebagai wadah atau tempat dimana administrasi dan manajemen dijalankan yang memungkinkan administrasi dan manajemen itu bergerak sehingga memberi bentuk pada administrasi dan manajemen.
    ·         Organisasi dipandang sebagai jaringan dari hubungan kerja yang bersifat formal seperti yan tergambar dalam suatu bagan dengan mempergunakan kotak-kotak yang beraneka ragam.
    ·         Organisasi dipandang sebagai saluran hirarki kedudukan atau jabatan yang ada, yang menggambarkan secara jelas tentang garis wewenang, garis komando dan garis tanggung jawab.
    B. Organisasi dalam arti dinamis
    Organisasi dalam arti dinamis berarti memandang organisasi sebagai suatu organ yang hidup, suatu organisme yang dinamis dengan menyoroti aktivitas atau kegiatan yang ada di dalam organisasi, serta segala macam aspek yang berhubungan dengan usaha pencapaian tujuan yang hendak dicapai. Singkatnya, yaitu organisasi sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang-orang yang bekerjasama, baik formal maupun informal.
    Dengan demikian terdapat berbagai macam pandangan tentang organisasi dalam arti dinamis, yaitu:
    ·         Organisasi dalam arti dinamis berarti organisasi itu selalu bergerak mengadakan pembagian tugas/pekerjaan sesuai dengan sistem yang telah ditentukan serta sesuai pula dengan lingkup daripada organisasi itu.
    ·         Organisasi dalam arti dinamis berarti memandang organisasi itu dari segi sisinya, yaitu sekelompok orang yang melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Jadi, organisasi dalam arti dinamis menyoroti unsur manusia yang ada di dalamnya. Manusia merupakan unsur terpenting dari seluruh unsur organisasi karena hanya manusialah yang memiliki sifat kedinamisan (Wursanto, 2002:41-42).
    C. Organisasi Sebagai Sistem Kerja Sama
    Organisasi sebagai sistem kerja sama berarti bahwa kerja sama dalam suatu organisasi sangat penting karena mencakup dalam berbagai bidang yang mengarahkan pada suatu tujuan.
    D. Organisasi sebagai sistem tata hubungan kerja
    Organisasi sebagai sistem tata hubungan kerja berarti bahwa hubungan kerja dalam suatu organisasi sangat berperan penting dalam terlaksananya suatu organisasi dalam mengendalikan dan memanfaatkan sistem tata hubungan dalam proses berorganisasi.
    E. Organisasi sebagai proses pembagian tugas
    Organisasi sebagai proses pembagian tugas berarti organisasi memiliki pembagian tugas yang sudah terstruktur dengan baik agar suatu organisasi berjalan dengan lancar dan efektif.

    \    Hubungan Manajemen Dan Organisasi
    Organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan.

    \    Hubungan Manajemen Dan Tata Kerja
    ·         Manajemen
    Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
    ·         Tata kerja
    Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.

    \    Hubungan Manajemen, Organisasi dan Tata kerja
    ·         Manajemen
    Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia
    ·         Organisasi
    Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokan
    ·         Tata Kerja
    Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien




    RANGKUMAN

    Pada dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu organisasi dalam arti statis dan organisasi dalam arti dinamis. Terdapat hubungan yang erat antara manajemen, organisai dan metode (tata kerja).
    Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.



    DAFTAR PUSTAKA
    http://ye2couple.wordpress.com/2011/09/23/pengertian-teori-organisasi-dan-unsur-unsurnya/

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Leonita Anggraeni

    Leonita Anggraeni - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan