• Posted by : Leonita Anggraeni Senin, 14 November 2016


    Secara umum yang dimaksud sistem cerdas adalah, sebuah sistem yang mampu berperilaku seperti halnya fikiran manusia yang mampu belajar dan menentukan langkah kerja yang optimum berdasarkan informasi yang dikumpulkannya. Misalnya dalam hal penentuan waktu pengapian yang optimum, sistem ini sudah memiliki pola dalam algoritma matematika untuk mengeluarkan perintah pengapian pada waktu yang pas berdasarkan masukan (input) dari sensor-sensor yang ada. Pola algoritma matematikanya bisa berbentuk :
    1. Jaringan Syaraf  Tiruan (Artificial Neural Network / ANN)
    2. Logika Fuzzy
    3. Algoritma Genetika ( Genetic Algorithm / GA )
    4. Atau kombinasi dari ke-tiga algoritma di atas, misalnya neuro-fuzzy dll.
    Berikut beberapa Contoh Teknologi Sistem Cerdas yang ada disekitar kita dan pernah digunakan :
    • Mesin ATM

    Pada kali ini akan membahas bagaimana mesin ATM ini bekerja, sehingga kita sebagai pengguna mesin ATM dapat menggunakan fasilitas yang sudah diberikan oleh mesin ini. Misalnya mengambil uang tunai, membayar sejumlah tagihan atau transfer sejumlah uang ke nomer rekening lain.
    Kita dapat mempelajari cara kerja dari mesin ATM lewat algoritma berikut :
    1. Pergi ke mesin ATM
    2. Memasukkan kartu ke mesin ATM tersebut
    3. Memilih bahasa yang digunakan
    4. Memasukkan kode PIN ATM kita
    5. Memilih jenis transaksi yang diperlukan (misal : tarik tunai, cek saldo, pembayaran tagihan pulsa/rek.listrik,dll)
    6. Transaksi selesai
    7. Ingin melakukan transaksi lainnya?
    8. Jika ya maka sistem kembali ke pilihan transaksi, jika tidak ada transaksi lainnnya, ambil struk/bukti pembayaran yg keluar dari mesin ATM tersebut
    9. ambil kartu ATM yg keluar dari mesin tersebut
    10. Keluar dari ruang mesin ATM
    Berdasarkan algoritma diatas, diterangkan pada flowchart di bawah ini. Misalkan kita mengambil kasus tarik tunai pada mesin ATM.Sesuai dengan alur flowchart di bawah, Pertama-tama kita masukkan kartu ATM, kemudian akan muncul layar untuk pilih bahasa. Setelah bahasa dipilih, mesin ATM akan meminta kita untuk memasukkan nomor PIN pada layar. Bila nomor PIN yang kita masukkan itu benar, maka proses akan berlanjut ke pilihan jenis transaksi. Karena kita akan memilih tarik tunai maka kita pilih nomor 1. Setelah itu pilih jumlah nominal yang tersedia di layar, atau jika melebihi/mengurangi jumlah nominalnya bisa pilih ‘masukkan nilai nominal lainnya’. Setelah itu mesin akan memproses uang yang kita minta. Setelah uang diterima, dilayar akan muncul pilihan ‘apakah anda ingin melakukan transaksi lainnya?’ jika ya maka mesin akan mengulang ke pilihan menu pertama ‘pilih jenis transaksi’ , jika tidak mesin akan melanjutkan untuk mencetak struk dan menyelesaikan transaksi dengan keluarnya kartu ATM dan struk yang sudah tercetak.
    Contoh kasus lainnya, apabila kita ingin mengecek saldo yang masih tersimpan di kartu ATM. Pertama-tama kita pergi ke mesin ATM kemudian memasukkan kartu ATM tersebut ke dalam mesin ATM. Pilih bahasa yang ingin digunakan kemudian masukkan nomor PIN yang dimiliki. Jika benar, pada pilihan transaksi pilih menu 2. Cek saldo, maka nilai saldo akan muncul dan muncul pilihan untuk mencetak nilai saldo.Jika memilih untuk mencetak struk, maka struk akan tercetak. Jika tidak memilih untuk mencetak, program cek saldo berakhir. Sebelum dicetak struk, akan muncul pilihan ‘apakah anda ingin melakukan transaksi lainnya?’. Jika ya maka mesin akan mengulang ke menu pilihan transaksi , jika tidak maka transaksi berakhir dan kartu ATM keluar dari mesin.
    Jika kita ingin membayar sejumlah tagihan, kita juga bisa membayarnya di mesin ATM. Rekening listrik, telepon, pulsa, dll bisa dilakukan di mesin ATM. Caranya sama dengan yang lain awalnya, setelah nomor PIN sesuai kemudian pilih menu pembayaran listrik/pulsa. Setelah itu di layar mesin akan muncul beberapa pilihan pembayaran, jika sudah dipilih kemudian masukkan nilai nominal tagihan yang akan dibayarkan. Jika semua sudah selesai, maka akan muncul pertanyaan ‘apakah anda ingin melakukan transaksi lainnya?’ jika ya akan kembali ke menu awal dan jika tidak mesin akan mencetak bukti struk pembayaran dan kartu ATM akan keluar.
    Untuk contoh kasus transfer uang di mesin ATM, proses awalnya sama seperti contoh kasus pertama dan kedua. Setelah menu transfer dipilih, kita harus memasukkan no rekening tujuan. Setelah itu memasukkan nilai nominal yang akan dikirim. Jika sudah diproses dan transfer dinyatakan berhasil, muncul kembali pilihan ‘apakah anda akan melakukan transaksi transaksi lainnya?’ jika tidak maka kartu atm kita akan keluar seiring keluarnya struk / bukti transfer.
    • USB

    1.  Input yaitu peralatan yang menggunakan USB (Flashdisk, camera, joystick,dll)
    2. Interface yaitu Port antarmuka yang menghubungkan USB
    3. Chipset southbridge adalah I/O pengendali yang mengatur kecepatan transfer interface USB,Firewire,dll.
    4. Output berupa keluaran dari hasil pemprosesan(monitor,printer,dll)
    • Tube Lamp



    Lampu TL (Tube Lamp) merupakan salah satu lampu penerangan yang banyak digunakan baik di pabrik, gudang, bahkan di sekolah. Pada dasarnya lampu TL ini berbentuk tabung dengan kawat pijar dikedua ujungnya (elektroda), dan  didalam tabung tersebut berisi merkuri dan gas argon. Tabung lampu TL terbuat dari dari dari gelas dan warna putih pada lampu TL itu berasal dari lapisan fosfor yang ada pada dinding tabung lampu TL tersebut.

    ketika sakelar yang dihubungkan sumber tegangan kita ON-kan maka akan menuju Ballast. Fungsi dari Ballast sama seperti trafo dimana tegangan sumber 220 volt akan di step up oleh Ballast hingga 400 volt yang kemudian membuat Starter bekerja. Disini kita membutuhkan tegangan hingga 400 volt dan starter (sebagai pemicu) agar elektroda yang ada pada ujung-ujung lampu TL, jika tegangannya < 400 volt maka Starter tidak bisa bekerja. Setelah starter mendapat tegangan sebesar 400 volt maka starter akan memicu/memanaskan elektroda yang ada pada ujung-ujung lampu TL yang menyebabkan potensial + dan – yang ada saling bertabrakan membuat pantulan cahaya dan membuat lampu TL berfungsi atau menyala.

    Sumber :
    https://motogokil.com/2014/03/29/mengenal-sistem-kecerdasan-buatan-dan-aplikasinya-pada-otomotif/#more-4052
    https://namakuvee.wordpress.com/2013/03/20/algoritma-cara-kerja-pada-mesin-atm/
    http://gunturmp11.blogspot.co.id/2015/10/tugas-pengantar-telematika-1.html
    http://suhilmanoka.blogspot.co.id/2015/05/cara-kerja-lampu-tl.html

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Leonita Anggraeni

    Leonita Anggraeni - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan